Minggu, 14 April 2024

Kenalkan Ini E01, Motor Listrik Masa Depan dari Yamaha

RoadRide.id – Dalam menghadapi perubahan di masa mendatang, Yamaha melihat bahwa sangat penting untuk membuat suatu gagasan yang dapat menjadi solusi atas isu-isu global terkait lingkungan hidup seperti pengurangan emisi karbon dengan penghematan energi, pencegahan polusi udara, dan pengurangan limbah.

Selain itu, konsumen juga telah menjadi lebih peduli dan tertarik terhadap teknologi baru, gaya hidup, dan juga kebijakan pemerintah dalam rangka menciptakan keberlangsungan lingkungan hidup global.

Dengan faktor-faktor seperti itu yang juga berpengaruh pada lingkup otomotif roda dua, Yamaha pun ingin menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yaitu electric vehicle (EV).

Setelah E01 diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019, Yamaha kembali menampilkan motor tersebut untuk pertama kalinya kepada publik tanah air di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan agar Target Gunakan 2 Juta Unit Motor Listrik Terwujud

Lalu secara resmi E01 diperkenalkan dalam press conference bertempat di Head Office PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur, beberapa waktu silam.

E01 dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc dan memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

E01 adalah model yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan pengetahuan sepeda motor Yamaha, yang diaplikasikan pada konsep E01.

Hal itu terlihat dari desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di charge di manapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging).

Baca juga: Ini yang Menyebabkan Spooring dan Balancing Vital untuk Mobil

E01 sangat nyaman dikendarai dan memiliki fitur canggih dan cerdas yang mendukung mobilitas pengendara.

Fitur yang terhubung ke smartphone juga terdapat pada E01.

Yamaha merancang E01 dengan desain modern serta dilengkapi fitur dan teknologi canggih.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Yamaha E01 yang dipersiapkan untuk menjawab tantangan era mendatang dalam berkendara sepeda motor.

Baca juga: Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Memodifikasi Motor

1. Futuristic Design

Desain E01 menggambarkan kebersihan atau keindahan ciri khas motor listrik yang disandingkan dengan sebuah ketangguhan desain motor Yamaha, konsep ini diberi nama “A Human-Centric Juxtaposed Design”, yaitu menyandingkan dua karakteristik atau tema.

Yamaha ingin menyuguhkan keunikan desain yang berbeda dengan motor listrik lainnya.

Hal ini tampak pada wajah depan ikonik E01 yang membuat motor ini terlihat unik, dengan letak position lights LED mengelilingi charging port depan.

Baca juga: Fitur Cruise Control Bikin Nyaman Berkendara All New Ertiga Hybrid

2. Battery dan Charging System

Skuter listrik E01 menggunakan fixed-lithium ion battery berkapasitas 4,9 kWh yang dapat menempuh jarak 104 kilometer dalam kondisi full charging.

Lalu dilengkapi dengan konektor charging yang ditempatkan di depan body motor yang memudahkan saat melakukan charging ketika motor diparkir.

Tersedia tiga tipe charging yaitu fast charging, normal charging, dan portable charging yang dapat diletakkan di bagasi motor.

Baca juga: Scorpion Rilis Helm New EXO-R1 EVO Air Full-Face

Tipe charging, Charging Fast 1 jam (0 persen -90 persen), Normal 5 jam (0 persen – 100 persen) di (200 – 240 V), Portable 14 jam (0 persen -100 persen) di (100 – 240 V).

3. Powerful Performance

E01 memiliki performa yang tinggi setara dengan motor konvensional 125cc.

Sebagai motor listrik unggulan, E01 dibekali dengan tiga riding mode yaitu Power Mode, Standard Mode dan Eco Mode.

Baca juga: Fakta Airbag, Fitur Keselamatan yang Sering Dilupakan Pengemudi Mobil

4. Comfortable Ride

Motor listrik E01 juga dibekali dengan fitur kenyamanan berkendara yang tidak didapatkan pada motor matik umumnya.

E01 memiliki desain rangka yang dikembangkan berdasarkan pada pengembangan motor sport Yamaha.

Dimana E01 ini memiliki Double Cradle Frame serta Yamaha Controlled Filling (CF) Aluminimum Die Casting Swing Arm yang memberikan keseimbangan antara kekuatan dan kekakuan, sehingga membuat bobotnya semakin ringan.

Baca juga: Mau Tahu Keuntungan Pakai Sepeda Motor Listrik, Ini Jawabannya

E01 juga dibekali fitur Dual Channel ABS, Dual Rear Suspension, Traction Control System, juga Belt Drive yang memberikan getaran yang sangat rendah serta tidak berisik.

E01 mempunyai regenerative brakes yang memberikan deselerasi yang sangat halus ketika tuas gas ditutup (engine brake feeling).

Selain itu, E01 semakin modern dengan Smart Mobility Feature untuk kemudahan beraktivitas dan lebih informatif.

Fitur-fitur terkait smart mobility pada E01 adalah speedometer digital multifungsi, sistem smartkey dan reverse mode.

Baca juga: Elders Garage Garap Motor Kustom Presiden Jokowi hingga Motor Konversi

E01 juga dilengkapi Y-Connect yang terkoneksi dengan smartphone, dan bermanfaat agar pengendara dapat memantau kondisi berkendaranya.

5. Y-Connect E01

Mekanisme konektifitas Y-Connect pada E01 yaitu tidak lagi menggunakan bluetooth untuk terkoneksi dengan smartphone untuk mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect.

Jadi pada motor E01 dilengkapi dengan SIM Card sehingga dari motor E01 dapat langsung mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect.

Baca juga: Cara Aman Kendarai Motor Listrik di Tengah Hujan

Fungsi menu pada Y-Connect di motor E01 adalah untuk informasi kendaraan, riwayat berkendara, konsumsi daya, lokasi parkir, pengaturan. ***

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER