Kamis, 18 Juli 2024

Tampang dan Spek Motor Juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo

RoadRide.id – Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjadi Juara Dunia MotoGP 2021. Crash yang dialami Francesco Bagnaia empat lap sebelum balapan tuntas membuat Quartararo resmi menjadi juara dunia.

Menghadapi MotoGP2022 Fabio Quartararo didukung oleh motor Yamaha YZR-M1 2021. Secara garis besar, tunggangannya tetap sama seperti di MotoGP 2021 silam.

Dari sektor jantung pacu, motor tunggangan Quartararo ini menggendong mesin 1.000 cc berpendingin cairan dengan konfigurasi empat silinder segaris. Mesin itu mengadopsi sistem cross-plane crankshaft.

Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan tipe cassette dengan menyediakan rasio gir alternatif. Gabungan mesin dan transmisi itu mampu membuat motor menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda.

Sebagai penopang mesin yang cukup kencang itu, motor Yamaha YZR-M1 didukung oleh sasis tipe aluminium twin-tube Delta Box dengan steering geometry yang bisa disesuaikan. Motor ini menggunakan lengan ayun aluminium atau plastik diperkuat serat karbon atau Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP).

Untuk menunjang stabilitas saat menikung, Yamaha mengadopsi sistem suspensi upside down dari Ohlins di depan. Sementara suspensi belakang juga pakai shock breaker Ohlins.

Yamaha YZR-M1 didukung velg Forged Magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Velg itu dibungkus ban Michelin berukuran 17 inci depan-belakang, tersedia dengan ban slick atau ban basah.

Yamaha M1 mengandalkan sistem pengereman Brembo dengan dua piringan karbonn di depan berukuran 320 mm atau 340 mm yang dilengkapi masing-masing kaliper empat piston. Sedangkan rem belakang hadir dengan piringan stainless-steel kaliper dua atau empat piston.

Yamaha YZR-M1 memiliki bobot 157 kilogram. Hal itu sesuai dengan regulasi FIM. ***

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER