Kamis, 18 Juli 2024

Simak Kecanggihan Ban Mobil Listrik dari Goodyear

RoadRide.id – Saat ini bukan hanya pabrikan mobil atau sepeda motor yang terus berlomba dalam membuat inovasi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Pabrikan ban juga berlomba membuat inovasi baru yakni ban khusus untuk mobil listrik.

Seperti dilansir AUTOTIVO, salah satu raksasa produsen ban dunia, Goodyear, mengklaim bahwa mereka menjadi perusahaan pertama yang membuat serta memperkenalkan ban khusus mobil listrik.

Goodyear menyatakan bahwa mereka menjadi pionir inovasi ban khusus mobil listrik di dunia.

Baca juga: Michelin akan Jual Ban Tanpa Angin di Tahun 2024

Tahun 2015 dalam Geneva Autoshow, Goodyear pertama kali memperkenalkan produk konsep terbaru untuk kendaraan listrik, yakni Goodyear BHO3.

Saat dibawa dalam Geneva Autoshow 2015, ban BHO3 diklaim dapat mengkonversi panas yang dihasilkan melalui gesekan dengan aspal menjadi energi listrik yang akan disalurkan ke dalam baterai yang digunakan mobil listrik (thermoelectric).

Sementara tipe yang lain menghasilkan energi listrik dari energi kinetik yang dihasilkan dari perputran ban itu sendiri (piezoelectric).

Ban konsep ini menjadi sangat penting untuk masa depan kendaraan listrik.

Baca juga: Ferrari Patenkan Teknologi Suara untuk Produk EV Mereka

Dengan BHO3 maka keausan ban menjadi outcome yang menambah umur pakai baterai kendaraan listrik serta memaksimalkan fungsi ban yang sesuai dengan nilai ekonomis yang dikeluarkan. ***

 

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER