Jumat, 16 Februari 2024

Citroën Rilis Mobil Konsep Terbuat dari Karton

RoadRide.id – Produsen mobil asal Prancis, Citroën, membuat terobosan yang berani untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi masa depan.

Bayangkan bila dunia di masa depan mengalami kekurangan sumber daya di mana pembuat mobil harus mengganti logam di atap dan kap mobil Anda dengan karton.

Itulah yang telah dilakukan Citroën dengan mobil konsep baru yang mereka rancang untuk mengantisipasi dunia tanpa sumber daya.

OLI2
Material karton dikembangkan Citroën bersama perusahaan raksasa kimia Jerman, BASF. Foto: Instagram @murattosunaraba

Mereka menggunakan karton sebagai pengganti baja atau logam untuk bagian atap dan kap mobil.

Baca juga: Cara Berkendara yang Tepat agar BBM Lebih Hemat

Ini bukan karton biasa, tetapi karton ini memiliki format sarang lebah khusus, yang diperkuat dengan lapisan plastik di setiap sisi yang cukup kuat untuk berdiri tanpa menekuk.

Material karton ini dikembangkan Citroën bersama perusahaan raksasa kimia Jerman, BASF.

OLI4
Interior Citroën Oli terlihat minimalis. Foto: Instagram @quattroruote

Mobil konsep rancangan Citroën ini diberi nama Oli.

Baca juga: Ini Keistimewaan Metropod, Buatan Anak Bangsa

Ia memiliki kaca depan vertikal yang dirancang untuk mengurangi jumlah kaca yang dibutuhkan dan menghemat berat membuat mobil listrik ini terlihat seperti SUV futuristik.

Demi memperhitungkan kemungkinan dampak perubahan iklim dan kekurangan komponen, Citroën Oli memiliki berat di bawah 1 ton (1.000 kilogram) dan kecepatan maksimalnya adalah 110 kilometer (68 mil) per jam.

Oli juga dirancang agar dapat didaur ulang dan mudah diperbaiki sehingga dapat bertahan setidaknya tiga generasi atau sekitar 50 tahun.

Pengerjaan mobil konsep dimulai pada tahun 2019 dan tepat di era dimana dunia dilanda masalah kekurangan bahan baku yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina. ***

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER