Minggu, 14 April 2024

Mengapa Baterai Lithium Dominan Dipakai untuk Kendaraan Bermotor Listrik? Ini Keunggulannya

RoadRide.id – Saat ini kendaraan bermotor listrik, terutama battery electric vehicle (BEV) atau kendaraan yang hanya mengandalkan baterai sebagai sumber tenaga penggerak, sebagian besar menggunakan baterai lithium.

Ada beberapa kelebihan yang membuat baterai lithium digunakan sebagai baterai untuk menggerakkan kendaraan bermotor listrik.

Pertama, kapasitas daya lebih besar.
Pada baterai jenis lithium biasanya memiliki kapasitas daya lebih besar sehingga mampu membuat kendaraan bermotor listrik mencapai jarak tempuh yang lebih jauh.

Kedua, baterai lithium memiliki keunggulan pada massa yang lebih ringan.
Untuk ukuran massa-nya baterai lithium relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan baterai lain sehingga massa motor keseluruhan juga lebih ringan yang dapat mempengaruhi kemampuan ‘berlari’ yang lebih kencang.

Baca juga: Ayo Kenali Teknologi Kendaraan Bermotor Listrik

Ketiga, baterai lithium memiliki model yang simpel, ringkas dan compact.
Dibandingkan dengan baterai jenis lain, baterai lithium memiliki desain yang compact sehingga mendukung mobilitas pengendara yang super padat dan mudah dalam penggunaan.

Keempat, lifecycle baterai lithium lebih panjang alias tahan lama.
Masa pakai pada baterai lithium lebih panjang, awet dan efisien dalam penggunaan sehari-hari, karena baterai lithium mampu melewati banyak siklus pengisian atau often charging sehingga cocok untuk digunakan mobilitas sehari-hari.

Kelima, baterai lithium sangat ideal digunakan untuk penggunaan sehari-hari dan tangguh dalam menempuh jarak jauh. Dengan penyaluran tenaga yang lebih baik baterai lithium cocok digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Keenam, baterai lithium memiliki performa dan tingkat rasio energi yang lebih besar per berat, yaitu tingkat efisiensi energi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan baterai lain.

Baca juga: Fitur Cruise Control Bikin Nyaman Berkendara All New Ertiga Hybrid

Ketujuh, dapat mengisi daya lebih cepat dan memiliki kepadatan daya lebih tinggi.
Baterai lithium sangat responsif sehingga dapat mengisi daya lebih cepat, dengan demikian maka daya baterai lebih cepat terpenuhi dan hemat listrik.

Kedelapan, baterai lithium lebih baik jika dibandingkan baterai jenis lain.
Baterai lithium lebih baik, selain dari masa pakainya yang panjang, kualitasnya juga baik karena terbuat dari bahan baku terbaik seperti kobalt, nikel, mangan, besi dan lain-lain, dengan memiliki katoda logam yang berkerja sedemikian rupa sehingga menghasilkan reaksi elektrokimia. ***

 

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER