Jumat, 16 Februari 2024

Ini nih Rest Area Pertama di Indonesia yang Berada di Tengah Laut

RoadRide.id – Seiring dengan pembangunan Jalan Tol Semarang Demak, infrastruktur pendukung lainnya seperti rest area juga turut dibangun.

Bicara rest area, Jalan Tol Semarang Demak punya rest area yang menjadi rest area pertama di Indonesia yang berada di tengah laut.

Rest area seluas 8 hektare ini terletak di Pantai Utara Pulau Jawa, tepatnya berada di KM 5,5 ruas Kaligawe Sayung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang Demak Seksi 1.

Rest area Tol Semarang Demak ini nantinya bukan sekadar rest area biasa, tapi akan dipadukan dengan konsep wisata bahari.

Baca juga: Ayo Kenali Fungsi Rest Area dan Lima Rest Area Terbaik di Tol Trans Jawa

Selain memiliki rest area pertama di Indonesia yang berada di tengah laut, Tol Semarang Demak juga merupakan tol pertama di Indonesia yang terintegrasi tanggul laut.

Diharapkan dengan pembangunan jalan tol yang terintegrasi tanggul laut ini permasalahan banjir rob di Semarang Timur, khususnya di Kaligawe serta Sayung, yang mengakibatkan kerugian ekonomi cukup signifikan dapat teratasi pada akhir tahun 2023 dengan terbangunnya tanggul hingga empat lapis timbunan dan beroperasinya rumah pompa pada Kolam Retensi Terboyo dan Sriwulan.

Tol Semarang Demak memiliki panjang 26,95 kilometer yang dibangun dalam dua seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU), yakni Seksi 1 untuk ruas Semarang Kaligawe Sayung sepanjang 10,64 kilometer menjadi porsi pemerintah (APBN) dengan kebutuhan biaya Rp10 triliun.

Sementara Seksi 2 untuk ruas Sayung Demak sepanjang 16,31 kilometer menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak. ***

 

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER