Jumat, 21 Juni 2024

Lakukan Hal Ini saat Hendak Simpan Sepeda Motor di Rumah

RoadRide.id – Sebagai negara tropis, Indonesia kerap kali masih mengalami musim penghujan di awal tahun.

Kondisi cuaca hujan yang merepotkan, biasanya membuat beberapa kalangan pengguna sepeda motor akan mengganti pilihan alat transportasi seperti menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi.

Dengan begitu sepeda motor akan lebih sering tersimpan di rumah.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept Head PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), jika sepeda motor tidak digunakan atau akan disimpan di rumah dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan agar Minyak Rem Sepeda Motor Berfungsi Optimal

Pemilik sepeda motor harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga kondisi sepeda motor agar tetap prima saat akan digunakan.

Pertama, mencuci sepeda motor. Sebelum menyimpan sepeda motor, baiknya pemilik mencuci sepeda motornya terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan menghindari munculnya jamur pada eksterior maupun komponen bergerak di sepeda motor.

Saat musim hujan seperti sekarang ini, pemilik sepeda motor harus memastikan bodi sepeda motor segera dicuci jika terkena air hujan karena air hujan bersifat asam.

Kedua, gunakan cover sepeda motor. Sarung atau cover sepeda motor memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu melindungi sepeda motor dari sinar UV jika disimpan di ruangan terbuka seperti carport.

Baca juga: Mengapa Warna Plang di Jalan Tol Berbeda-Beda? Ini Penjelasannya

Selain itu juga berguna untuk mencegah adanya lecet atau baret yang disebabkan adanya gesekan dengan benda, hewan, atau senggolan dengan sepeda motor lain.

Pilihlah cover sepeda motor yang sesuai dengan peruntukan indoor atau outdoor, ukuran yang cukup dan pilihan bahan yang lembut dan tidak luntur.

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER