Minggu, 14 April 2024

Hyundai dan Kia Bikin Terobosan Pintu Bagasi Sliding

RoadRide.id – Dunia desain mobil mobil sport utility vehicle (SUV) kian berkembang sehingga membuat tampilan mobil jadi lebih sedap dipandang mata sekaligus efisien dari sisi fungsional, salah satunya pintu bagasi mobil.

Bila selama ini pintu bagasi mobil kovensional membuka ke atas atau ke samping sehingga cukup memakan space atau ruang, kini ada inovasi baru yang bakal jadi mengubah hal tersebut di masa depan.

Beberapa waktu lalu dua pabrikan asal Korea, Hyundai dan Kia, telah mengajukan permohonan mematenkan teknologi tailgate (pintu bagasi) model sliding untuk mobil SUV kepada United States Patent and Trademark Office (USPTO) atau lembaga paten Amerika Serikat.

Cara kerja tailgate geser tersebut nantinya tidak akan seperti pintu geser yang terdapat pada mobil multi purpose vehicle (MPV).

Baca juga: Pemerintah Dukung Motor Bensin Diubah Jadi Motor Listrik

Jika biasanya pintu bagasi terbuka miring ke atas, paten ini memperlihatkan bagaimana pintu bagasinya dibuat menggunakan railing yang dapat didorong hingga diletakan hampir sejajar dengan atap mobil.

Pihak Hyundai mengatakan bahwa paten ini akan membantu setiap pelanggan membuka bagasi dengan mudah, walaupun mereka parkir terlalu dekat dengan dinding atau area yang sempit.

Kehadiran teknologi teranyar dalam dunia otomotif ini menjadi sebuah pertanda baik dan menjadi alternatif baru bagi penggemar SUV modern.

Kelebihan dari desain pintu bagasi geser ini adalah membuat ruang menjadi lebih efisien.

Baca juga: Penjualan Suzuki XL7 Naik di Bulan Agustus 2022, Ini Penyebabnya

Pintu bagasi model ini juga tidak akan menonjol ke atas pada saat dibuka sehingga lebih mudah digunakan di dalam garasi mobil tanpa mengharuskan orang untuk mundur dari mobil saat membuka maupun menutupnya. ***

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER