Jumat, 12 April 2024

Pemerintah Dukung Motor Bensin Diubah Jadi Motor Listrik

RoadRide.id – Pemerintah mendorong sepeda motor berbahan bakar bensin untuk diubah menjadi sepeda motor listrik.

Untuk mendukung langkah ini dan mempercepat penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) secara massal di Indonesia, pemerintah akan berupaya memberikan subsidi konversi sepeda motor berbahan bakar bensin ke sepeda motor listrik.

“Kami bersama Kementerian/Lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik. Khususnya untuk sepeda motor,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri program konversi sepeda motor BBM ke listrik yang diinisiasi oleh Kementerian ESDM, Senin (19/9/2022) di Jakarta.

Aturan mengenai konversi sepeda motor bensin menjadi listrik telah dikeluarkan yaitu Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65/2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Terkait peraturan tata pelaksana dan pengujian bengkel konversi semuanya terdapat dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 3293 Tahun 2021 tentang Unit Pelaksana Teknis Pengujian Sepeda Motor Konversi Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Saat ini biaya untuk melakukan konversi sepeda motor BBM ke listrik masih cukup tinggi, yaitu sekitar Rp15 juta.

Namun jika permintaan kian meningkat, dan bengkel-bengkel yang mampu melayani konversi sudah semakin banyak, diharapkan harganya akan semakin kompetitif.

Budi Karya menjelaskan, konversi sepeda motor bensin menjadi sepeda motor listrik, hanya bisa dilakukan di bengkel konversi rekanan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan telah memenuhi persyaratan teknis dan administrasi.

Saat ini sudah ada 7 bengkel rekanan Kemenhub yang memiliki ijin untuk mengkonversi sepeda motor bensin menjadi motor listrik, yaitu :

  1. Litbang ESDM: Jl. Pendidikan, Pengasihan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  2. PT Braja Elektrik Motor: Jl. Keputih Tegal No. 28, Keputih, Sukolilo, Surabaya.
  3. Elders Garage: Jl. Pangeran Antasari No. 36, Jakarta Selatan.
  4. Juara Bike (Selis): Jl. Raya Serang Km 14,2, Pasir Gadung, Cikupa, Tangerang, Banten.
  5. Kampus ITS Surabaya.
  6. PT Nagara Sains Konversi, Treasury Tower Lantai 7, District 8, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.
  7. PT Handhika Garda Parama: Jl. Raya Mabes Hankam No. 28, Setu, Cipayung, Jakarta Timur. ***

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER