Minggu, 14 April 2024

Tips Memilih Motor Gede untuk Rider Pemula

RoadRide.id – Memiliki motor gede atau Moge merupakan impian bagi sebagian besar biker di Indonesia.

Berukuran besar, mesin berkapasitas besar, tenaga berlimpah, serta tampil beda menjadi beberapa alasan mengapa biker ingin memiliki motor-motor besar tersebut.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang dapat memiliki motor besar tersebut.

Selain masalah finansial, skill yang mumpuni dibutuhkan untuk mengendarai motor – motor tersebut.

Baca juga: Sepeda Motor Kekinian Sudah Jarang Pakai Engkol, Ini Alasannya

Nah, jika ingin naik kelas dari motor berkapasitas rendah dengan memiliki motor berkapasitas besar (400cc ke atas), ada baiknya Anda membaca tips-tips berikut ini untuk memilih motor besar yang sekiranya cocok untuk pemula yang ingin memiliki motor besar.

gallery
Honda Rebel 500 sebagai salah satu contoh motor gede untuk pemula.Foto: Honda Indonesia

Pertama, pelajari terlebih dahulu motor yang ingin Anda beli. Sebelum Anda membeli Moge pertama, pastikan Anda telah mempelajari tentang motor tersebut.

Dengan mempelajari motor yang ingin Anda beli, ini akan mempermudah Anda untuk kenal lebih awal dengan motor yang Anda ingin beli.

Anda akan dapat mengetahui spesifikasi dan fitur mengenai motor tersebut, kelebihan dan kekurangannya, rasa berkendara apa yang Anda mungkin akan rasakan nanti, dan anda dapat membandingkannya dengan motor lain jika Anda memiliki beberapa pilihan.

Baca juga: Suzuki Kampanyekan Berkendara Ramah Lingkungan

Mempelajari motor ini dapat anda lakukan dengan melihat brosur, membaca di internet atau menonton review mengenai motor tersebut di YouTube.

Semakin banyak yang dipelajari, semakin yakin Anda akan motor gede pilihan Anda.

Kedua, pilihlah motor yang memiliki kapasitas medium antara 300 hingga 600cc.

Motor besar memiliki banyak pilihan kapasitas mesin, dari yang 300cc bahkan sampai ada yang 2000cc dengan berbagai macam konfigurasi mesin.

Baca juga: Mengenal Teknologi Honda Selectable Torque Control di Honda 160 Series

Tentu dengan semakin besar kapasitas mesin, semakin besar tenaga, maka semakin tinggi pula skill atau kemampuan riding yang dibutuhkan untuk mengendalikan motor tersebut.

Jika Anda adalah seorang rider yang baru naik dari motor berkapasitas rendah ke motor besar, maka pilihan yang paling aman sebagai pemula adalah motor berkapasitas antara 300 sampai 600cc.

Motor-motor yang berkapasitas medium ini, memiliki tenaga yang tidak terlalu jauh melompat dari motor berkapasitas rendah.

Dengan tenaga yang tidak terlalu besar (tidak sebesar motor 1000cc), maka akan membuat anda lebih mudah dalam mengendalikan tenaga dan mengontrol motor tersebut.

Baca juga: Senmenti 0 Mampu Melesat 200 Kilometer Per Jam

Dengan memulai dari motor berkapasitas medium juga, akan menjadi sarana anda untuk mengasah kemampuan berkendara untuk mempersiapkan anda naik kelas ke motor-motor berkapasitas 600 hingga 1000cc ke atas yang memiliki tenaga yang sangat besar.

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER