Jumat, 12 April 2024

Apa Itu Blind Spot? Ini Penjelasannya

RoadRide.id – Mungkin kita sering mendengar dalam dunia otomotif istilah blind spot, tapi cukup banyak orang yang belum paham maksud dari blind spot tersebut.

Blind spot adalah titik buta yang terdapat dalam setiap kendaraan di mana pengendara atau pengemudi tidak dapat melihat suatu area pandang tertentu.

Seberapa pentingkah titik buta dalam berkendara? Sangat penting, karena titik buta juga masuk dalam jajaran penyebab tingginya kecelakaan lalu lintas.

Titik buta antara satu kendaraan dengan kendaraan lain berbeda-beda. Mengapa setiap kendaraan memiliki blindspot yang berbeda? Hal ini berkaitan dengan banyak faktor.

Baca juga: Tips Memilih Motor Gede untuk Rider Pemula

Beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan titik buta adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda.

Setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

Selain pengemudi, setiap produsen kendaraan juga sudah memperhitungkan titik buta yang akan dialami setiap pengemudinya.

Seiring berkembangnya zaman, banyak produsen mobil ternama yang sudah menyematkan fitur baru guna mengurangi titik buta yang dialami oleh pengemudi.

Baca juga: Mengenal Teknologi Honda Selectable Torque Control di Honda 160 Series

Meski sekarang sudah ada fitur baru, pengendara atau pengemudi juga harus tetap waspada dan berhati-hati serta senantiasa memperhatikan keadaan sekeliling saat mengendarai kendaraan. ***

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER