Jumat, 21 Juni 2024

Ducati Memperingati 30 Tahun Ducati 916 dengan Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916

RoadRide.idDucati, pionir di dunia motor sport, merayakan momen bersejarah dengan memperkenalkan Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916.

Model ini adalah penghormatan kepada motor legenda Ducati 916 yang telah dipamerkan di Museum of Modern Art (MoMA) di New York, dan hingga saat ini, setelah 30 tahun, tetap menjadi ikon yang memukau.

Penampilan perdana Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 terjadi dalam ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori, atau Milan Motorcycle Shows (EICMA) pada 10 November 2023.

Motor ini tidak sekadar sebuah kendaraan, melainkan juga karya seni yang menghidupkan kembali kejayaan desain motor sport Ducati.

Ducati

Panigale Anniversario membawa kembali ciri khas dan karakter supersport dari Ducati 916, motor yang melahirkan DNA desain semua motor sport Ducati.

Keberadaan gen 916 dapat terlihat dalam desain yang terfokus pada massa bagian depan, tampilan berliku-liku dari atas, dan elemen khas seperti lampu depan, “hidung,” saluran masuk udara, fairing V, pahatan, tangki bahan bakar, ekor pendek yang lincah, dan lengan ayun satu sisi.

Desain motor ini mencerminkan kejayaan grafis balap Ducati dengan corak khas Centro Stile Ducati yang memberikan penghormatan kepada salah satu grafis balap terindah dalam sejarah olahraga Ducati.

Grafis tersebut berasal dari motor yang membawa Carl Fogarty meraih kemenangan di Kejuaraan Dunia Superbike pada tahun 1999.

Fairing Panigale Anniversario menampilkan tiga warna ikonik, pelat nomor putih, dan nomor 1 yang diambil dari desain aslinya, namun diperbarui dengan sentuhan gaya modern.

Bagian hitam pada setengah penutup atas mengingatkan kita pada saluran udara khas dari Ducati 916.

Sementara tangki bawah yang berwarna hitam memberikan pengingat kuat tentang panggung balap.

Penutup tangki motor ini menjadi lebih istimewa dengan logo laurel yang disorot dalam warna emas yang sama seperti pada Ducati 916.

Logo pada fairing, yang pada Ducati 916 pertama kali berwarna perak dengan garis emas, kini mendapatkan sentuhan baru dan diperbarui dengan efek 3D yang modern.

“Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 diproduksi dalam seri bernomor dan terbatas sebanyak 500 unit. Seperti motor balap yang mengambil inspirasi coraknya, ia ditawarkan dalam konfigurasi satu tempat duduk saja dan diperkaya dengan pelat kemudi aluminium billet dengan ukiran laser pada nama model dan nomor progresif. Terakhir, Panigale Trentesimo Anniversario 916 hadir dengan sertifikat keaslian dan cover khusus motor,” ungkap Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia.

Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 tidak hanya menjadi perayaan sejarah, tetapi juga sebuah karya seni yang memadukan performa tinggi dengan estetika yang memukau.

Motor ini memiliki ciri khas 916 yang ikonik sambil menghadirkan inovasi terkini dari Ducati.

Motor ini tidak hanya tentang tampilan, namun juga prestasi.

Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 dilengkapi dengan kit siap pakai, termasuk tutup aluminium billet untuk melepas kaca spion, kit pelepasan dudukan pelat nomor, penutup kopling karbon terbuka, dan sistem akuisisi data Ducati Data Analyzer + untuk memaksimalkan pengalaman berkendara.

Dengan perpaduan desain klasik dan teknologi terkini, Ducati Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 memperkuat posisi Ducati sebagai pemimpin dalam dunia motor sport.

Keberadaannya tidak hanya menghadirkan nostalgia bagi penggemar Ducati, tetapi juga membawa semangat baru dalam eksplorasi dunia berkendara yang penuh gaya dan performa.

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER