Jumat, 16 Februari 2024

Ini nih Track 800 CDI, Sepeda Motor Kekar Bertenaga Diesel

RoadRide.id – Selama ini kita mengetahui bahwa sepeda motor umumnya ditenagai oleh mesin berbahan bakar bensin atau dengan motor listrik.

Mesin bensin atau motor listrik digunakan pada sepeda motor karena selain dapat membuat murah biaya produksi sepeda motor, juga dapat mempermurah biaya pemeliharaan sepeda motor tersebut.

Namun rupanya ada beberapa sepeda motor yang menggunakan mesin diesel sebagai tenaga penggeraknya.

Ada beberapa perusahaan yang mencoba peruntungannya untuk merilis sepeda motor yang ditenagai oleh diesel.

Baca juga: First Ride Aprilia Tuareg 660: Motor Mid-Size Adventure Sebesar Honda CRF 250 Rally!

Biasanya sepeda motor tersebut merupakan sepeda motor yang bukan diperuntukkan untuk digunakan sehari-hari seperti untuk touring jarak jauh atau untuk kebutuhan khusus seperti untuk kebutuhan militer.

Salah satunya ialah Track 800 CDI yang merupakan motor adventure touring yang ditenagai oleh mesin OM660LA berkapasitas 800cc yang biasa diaplikasikan pada Smart Fortwo.

Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 33kw dan torsi sebesar 110 Nm.

Mesinnya dikawinkan dengan transmisi CVT serta dapat mencatatkan konsumsi bahan bakar sebesar 60 kilometer per liter.

Baca juga: MX-1200 Sepeda Motor Listrik Produk Teranyar dari UNITED

Walaupun pengaplikasian mesin diesel pada sepeda motor memiliki suatu kelebihan, yakni konsumsi bahan bakarnya yang irit, ketangguhan yeng lebih unggul, dan torsinya yang berlimpah, rupanya ini juga mengandung berbagai macam kelemahan.

Seperti dikutip dari slukblukoto, besarnya torsi mesin diesel rupanya tidak cocok diaplikasikan pada sepeda motor karena pengguna sepeda motor yang rata-rata lebih memilih untuk berakselerasi cepat yang di mana akselerasi cepat tersebut bukan didapatkan berdasarkan besarnya torsi pada suatu mesin, melainkan tenaga dan rpm yang dihasilkan pada mesin.

Untuk mencapai torsi yang besar dan daya tahan yang tinggi, mesin diesel membutuhkan struktur mesin yang rumit dan membutuhkan bahan material yang memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi sehingga itu juga membuat biaya produksi sepeda motor tersebut menjadi membengkak.

Tidak hanya itu saja, karakter mesin diesel yang memiliki putaran rendah dan kompresi tinggi menghasilkan panas dan getaran yang besar sehingga membuat pengendara menjadi tidak nyaman karena hawa panas yang dihasilkan pada mesin diesel tersebut.

Baca juga: K2 Sepeda Motor Listrik Macho dan Sporty dari Yadea

Getaran pada mesin diesel tersebut bahkan bisa membuat pengendara merasakan sakit pada sendi bahu jika digunakan dalam waktu yang lama. ***

 

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

- Advertisement -

Stay Connected

0FansSuka
201PengikutMengikuti
3,912PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU

POPULER